Home Bisnis Pengen Bisnis Ternak Lele? Yuk Simak Cara Pemilihan Bibit Lele Yang Benar

Pengen Bisnis Ternak Lele? Yuk Simak Cara Pemilihan Bibit Lele Yang Benar

by sabiny napiwock
0 comment

Tingkat atas keberhasilan dalam usaha budidaya ikan lele akan dipastikan oleh yang namanya kualitas benih yang digunakan. Terdapat beberapa type ikan lele yang pas untuk dibudidayakan di daerah tropis seperti Indonesia. Silakan anda baca selanjutnya mengenai beberapa jenis ikan dalam usaha budidaya ikan lele.

Kami benar-benar mereferensikan type ikan lele seperti Sangkuriang yang suadah lama ditingkatkan oleh BBPBAT Sukabumi. Ikan lele type sangkuriang ini adalah hasil perbaikan dari lele dumbo yang telah ada awalnya. BBPBAT meningkatkan ikan lele type sangkuriang ini, sebab kualitas lele dumbo yang saat ini sedang tersebar di warga makin alami penurunan.

Benih untuk ikan lele bisa kita memperoleh dengan beli atau dengan lakukan pembenihan ikan lele itu dengan mandiri. Agar bisa membuat pembenihan sendiri silakan baca artike tentang langkah pembenihan ikan lele dan tehnik untuk pemijahan ikan lele.
Ketentuan benih yang unggul

Benih yang akan disebar harus adalah benih yang sehat. Beberapa ciri dari benih yang sehat ialah gerakannya gesit, tidak da cacat atau sisa cedera di sepajang permukaan tubuhnya, bebas dari beberapa amacam bibit penyakit dan pergerakan renangnya tergolongnormal. Agar bisa mengetes gerakannya, tempatkanlah ikan itu pada arus air. Bila ikan bisa melawan arah arus air itu dan dapat bertahan bermakna ikan itu baik.

Ukuran dari benih untuk membudidayakan ikan lele biasanya ialah ikan yang meiliki panjang seputar 5-7 cm. Upayakanlah ukurannya rata agar ikan dapat tumbuh serta berkembang dengan serentak. Dari benih yang sebesar itu, dalam tempo perawatan seputar 2,5-3,5 bulan akan langsung didapat lele ukuran wajar mengonsumsi yakni sebesar 9-12 ekor per kilogramnya.
Langkah untuk menyebar benih

Sebelum benih yang telah didapat disebar, lakukan rekonsilasi akan iklim lebih dulu. Triknya, dengan input benih pada wadahnya (ember atau jeriken) ke kolam yang ada. Biarlah sepanjang kurang lebih 15 menit supaya berlangsung seperti rekonsilasi suhu di antara tempat benih dengan suhu pada kolam jadi tempat hidupnya yang baru. Miringkanlah wadah selanjutnya anda biarlah benih itu keluar dengan sendirinya. Cara semacam ini benar-benar berguna menahan depresi pada benih benih yang disediakan.

Tebarkanlah benih ikan lele itu ke kolam dengan tingkat kepadatan menccapai 200-400 ekor per mtr. perseginya. Makin tinggi kualitas air kolam, karena itu makin tinggi jumlahnya benih yang bisa ditampung. Sebaiknya tinggi atau kedalaman air tidak kurang 40 cm saat benih disebar. Ini mempunyai tujuan jaga supaya benih ikan bisa mencapai semua permukaan air agar bisa ambil pakan atau saat dia akan bernapas. Pengisian kolam yang selanjutnya sesuai dengan ukuran pada badan ikan sampai air sampai ketinggian yang termasuk baik.

0 comment
0

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy