Home Otomotif 6 Tips Berkendara dengan Aman dan Nyaman

6 Tips Berkendara dengan Aman dan Nyaman

by sabiny
0 comment

6-Tips-Berkendara-dengan-Aman-dan-NyamanSebagai seorang rider atau pengendara, menjaga keamanan dan kenyamanan di jalan sangat penting. Salah-salah, Anda bisa membahayakan diri sendiri atau keluarga, bahkan juga pengendara lain. Sayangnya, masih banyak pengendara yang bertindak kurang tepat dalam berkendara.

Berkendara dengan Aman dan Nyaman

Seorang rider sebaiknya memahami apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah berkendara. Beberapa tips di bawah ini perlu Anda perhatikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, ada keluarga atau orang-orang terdekat yang menunggu Anda.

  1. Memahami Pergerakan Kendaraan

Mobil tentu berjalan sesuai dengan keinginan pengemudinya: ketika ingin melaju, tekan pedal gas; saat akan berbelok, roda kemudi kembali diputar; dan pengemudi tidak boleh berhenti sampai disitu saja.

Anda sangat perlu memahami pergerakannya salah satunya dinamika kendaraan itu sendiri. Misalnya saja ketika melakukan akselerasi: mengerem atau menikung kendaraan. Mengapa demikian? Agar Anda dapat memprediksi arah gerak mobil pada kondisi tersebut.

Ketika Anda menekan pedal gas secara tiba-tiba, misalnya, ban bisa selip dan pergerakannya tidak terkontrol. Contoh lain adalah ketika Anda berbelok namun tidak menurunkan kecepatan. Hal tersebut mengakibatkan gaya sentrifugal akan melempar mobil ke arah luar. Hal ini juga berlaku saat Anda mengerem mendadak pada kecepatan tinggi. Pergerakan inilah yang harus diketahui oleh pengendara agar bisa menghadapi kondisi tersebut.

  1. Kontrol Kondisi Kendaraan

Seperti pepatah sedia payung sebelum hujan, check-up mobil ke bengkel sebelum berkendara juga tidak kalah penting. Pastikan mobil Anda aman, mulai dari rem, ban, mesin, dan lain sebagainya. Lebih baik Anda bersiap di awal daripada ada masalah saat di tengah jalan.

  1. Mengendara Saat Fit

Sebelum berkendara, pastikan Anda dalam kondisi yang fit atau tidak sakit. Selain itu, juga tidak dalam kondisi mengantuk—hindari mengkonsumsi obat yang memberikan efek mengantuk atau dalam kondisi mabuk. Jika dalam kondisi demikian, alangkah baiknya Anda meminta orang lain untuk menyetir. Sedangkan bagi pengendara yang menderita rabun ayam, hindari menyetir saat hari sudah gelap.

  1. Mengatur Posisi Berkendara

Sebelum berkendara, aturlah posisi duduk Anda senyaman mungkin agar badan rileks atau tidak tegang. Selain itu, jangan lupa untuk memakai sabuk pengaman yang tidak hanya melindungi dari benturan saat kecelakaan melainkan juga dari bahaya airbags (kantong udara).

Penting juga bagi Anda untuk mematuhi rambu-rambu dan arus lalu lintas agar tidak terjadi hal-hal berbahaya. Kemudian, gunakan kaca spion untuk memantau kendaraan lain yang ada di belakang Anda. Sehingga saat akan berbelok atau menyeberang, prosesnya akan lancar tanpa merugikan siapapun. Selain itu, gunakanlah jalur kanan ketika Anda ingin menyalip kendaraan lain.

  1. Mengemudi dengan Kecepatan Konstan

Saat berkendara, usahakan Anda menjaga laju kendaraan agar stabil. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya tabrakan antara mobil dengan kendaraan lain atau pejalan kaki. Perlu diketahui bahwa laju mobil yang terlalu lambat juga akan menghambat pergerakan kendaraan lain dan hal tersebut juga berbahaya.

  1. Tidak Bermain Ponsel

Berkendara membutuhkan konsentrasi penuh. Bermain ponsel akan memecahkan fokus Anda. Apa pun bisa terjadi di jalanan, maka fokuslah dalam berkendara untuk menjaga keselamatan diri dan tidak membahayakan pihak lain.

Itulah enam tips bagi Anda para rider atau pengendara sebelum melaju ke jalan raya. Hal-hal tersebut penting namun sering diabaikan. Padahal itulah yang akan menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, keselamatan Anda juga menjadi harapan bagi keluarga atau orang-orang terdekat.

0 comment
0

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy