Tips Merawat Dua Jenis Hair Clip Agar Awet

  • Whatsapp

Tips-Merawat-Dua-Jenis-Hair-Clip-Agar-Awet

Memberikan efek tebal dan panjang pada rambut dapat dilakukan secara instan dan cepat menggunakan hair clip. Cara ini akan menghasilkan rambut indah dan tampak natural tanpa perlu biaya mahal apabila kamu ingin tampil beda, terutama bagi pemilik rambut pendek. Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mewarnai rambut pada hair clip untuk efek highlights tanpa perlu melakukan pewarnaan tambahan.

Read More

Teknik sambung rambut menggunakan hair clip dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan profesional. Hair clip dapat dilepas dan dipasang sesuka hati karena berbentuk seperti sirkam. Yang perlu di perhatikan adalah kamu harus memasangya dengan hati-hati agar tidak mudah lepas.

Terdapat dua jenis hair clip yang digunakan yaitu hair clip dengan bahan rambut asli dan hair clip dengan bahan sintetis. Bahan sintetis biasanya lebih murah dibanding dari rambut asli. Agar tetap awet dan dapat digunakan kembali, keduanya memiliki cara perawatan yang berbeda.

Merawat Hair Clip Rambut Sintetis

Rambut sintetis berasal dari serat plastik buatan. Rambut sintetis memiliki keunggulan tidak cepat pudar karena pengaruh cuaca atau terik matahari. Tetapi, kamu tidak bisa mewarnai rambut ini dengan pewarna rambut.

Saat memilih hair clip rambut sintetis untuk menebalkan rambut, usahakan sesuai dengan warna rambut. Kamu juga dapat memilih warna berbeda tetapi senada sebagai efek highlight. Berikut tips merawat rambut sintetis:

1. Mencuci dengan Air Dingin

Gunakan air dingin untuk mencuci rambut sintetis. Karena terbuat dari plastik, air hangat atau panas akan merusak hair clipmu. Cucilah dengan lembut tanpa digosok dan jangan menarik rambut dari pangkalnya karena akan membuat jahitan kendor atau putus.

2. Keringkan Secara Alami

Rambut sintetis dapat rusak jika kamu mengeringkan dengan hair dryer yang panas meski bahannya terbuat dari serat sintetis berkualitas tinggi. Selain itu, hindari pula memeras rambut sintetis atau menggosok secara keras dengan handuk. Kamu hanya cukup membungkus rambut secara lembut agar air tidak menetes.

Agar lebih awet, keringkanlah hair clip secara alami dengan cara menggantungkannya di tempat teduh dan terhindar dari sinar matahari. Akan lebih baik jika kamu memiliki kepala mannequin untuk meletakkannya.

3. Menggunakan Softener Rambut Sintetis

Untuk mencuci hair clip sintetis, gunakanlah softener rambut sintetis. Sifat rambut sintetis berbeda dengan rambut asli yang memiliki kelembapan. Rambut sintetis akan cepat kusut dan kering apabila kotor. Gunakan pelembut atau softener agar rambut hair clip tetap lembut dan halus

4. Melepas Hair Clip saat Tidur

Hair clip sintetis dapat mudah kusut dan rusak apabila sering digunakan untuk tidur. Lekukan di daerah yang lama pada rambut akan memberikan efek permanen sehingga rambut akan kehilangan bentuknya. Selain itu, simpanlah hair clip-mu dalam keadaan terurai dan tidak digulung pada kotak penyimpanan agar tidak kotor.

5. Gunakan Sisir Bergigi Lebar

Agar rambut sintetis tidak mudah kusut, gunakanlah sisir dengan gigi yang lebar. Sisir jenis ini dapat mengurai rambut sintetis dengan rapi dan mencegah rambut menjadi kasar serta rusak.

Merawat Hair Clip Rambut Asli

Sesuai dengan namanya, hair clip ini terbuat dari rambut asli. Rambut asli masih memiliki kelembaban alami sehingga lebih lembut daripada rambut sintetis. Kamu juga dapat memberikan pewarnaan menggunakan pewarna rambut biasa pada hair clip ini. Agar lebih awet, berikut tips merawatnya:

1. Menggunakan Air hangat dan Sampo Lembut

Gunakanlah air hangat untuk mencuci hair clip agar bersih dari kotoran. Pakailah sampo yang lembut agar rambut terjaga kelembutannya. Agar lebih terlihat halus, kamu dapat menggunakan kondisioner pada hair clip setelah penggunaan sampo. Kamu dapat mencuci hair clip ini dua minggu sekali agar tidak cepat rusak

2. Gunakan Serum atau Vitamin

Karena hair clip rambut alami masih memiliki kelembaban, kamu dapat menggunakan serum atau vitamin agar rambut tampak sehat. Oleskan serum atau vitamin bersamaan saat menyisir hair clip dengan sisir gigi besar setelah kering. Kamu juga dapat menggunakan serum atau vitamin ini sebelum dicatok atau menggunakan curling iron.

3. Simpan di Tempatnya

Sama seperti hair clip rambut sintetis, agar hair clip rambut asli awet, kamu sebaiknya menyimpan di tempat khusus. Kamu dapat menggantungnya, diletakkan di wadah khusus dengan plastik tanpa harus ditekuk atau meletakkannya di kepala mannequin.

Rawatlah hair clip secara rutin dan sesuai dengan petunjuk. Dengan demikian, rambut sambunganmu akan dapat menyatu dengan baik pada rambutmu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *