Kenali Nutrisi yang Diperlukan Anak Selama Masa Pandemi Versi SehatQ.com

  • Whatsapp

Kenali-Nutrisi-yang-Diperlukan-Anak-Selama-Masa-Pandemi-Versi-SehatQ.com
Aktivitas anak-anak lebih banyak di rumah seiring kebijakan belajar di rumah selama masa pandemi. Namun, anak-anak tetap rentan tertular virus corona apabila orangtua atau anggota keluarga dekat menjadi
carrier. Sama seperti lansia, anak lebih mudah tertular virus corona karena memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Penting sekali bagi orangtua untuk memperhatikan kesehatan si kecil. SehatQ.com merekomendasikan berbagai nutrisi yang harus tetap terpenuhi selama masa pandemi.

5 nutrisi yang diperlukan anak selama masa pandemi

Guna meningkatkan ketahanan tubuh si kecil, Anda wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Sebaiknya perhatikan asupan nutrisi si kecil telah memenuhi kebutuhan berikut ini.

Read More

1. Protein

Anak butuh asupan protein yang cukup setiap hari tanpa peduli masa pandemi atau tidak. Anda wajib mencukupi kebutuhan protein dengan memberikan menu yang kaya makronutrien seperti kacang-kacangan, telur, ikan, susu, dan produk olahan di rumah. Saat anak bosan dan lelah dengan aktivitas di rumah saja, asupan camilan kaya protein wajib diberikan.

2. Asam lemak omega 3

Pastikan anak diberikan asupan asam lemak omega yang cukup untuk menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selama masa pandemi, anak-anak rentan mengalami masalah kesehatan karena kurang melakukan aktivitas fisik. Selain itu, Anda harus tahu bahwa asam lemak omega 3 bisa meningkatkan mood dan menjaga kesehatan mental.

Saat belanja ke supermarket atau sistem DO selama kebijakan karantina mandiri di rumah saja, Anda wajib memasukkan daftar belanjaan berupa kacang-kacangan, kwaci, dan ikan laut seperti teri, salmon, tuna, dan lain-lain.

3. Vitamin D

Artikel kesehatan banyak membahas kebutuhan vitamin D yang penting selama pandemi. Banyak orang memilih berjemur di balkon atau halaman rumah guna mendapatkan asupan vitamin D yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga sistem pernapasan tetap baik.

Tak hanya mendapatkan sinar matahari setiap hari, Anda juga bisa memilih konsumsi makanan yang kaya vitamin D seperti bayam, kubis, ikan sarden, kacang kedelai, salmon, dan sereal.

4. Kalsium

Anak-anak butuh asupan kalsium yang berfungsi untuk menguatkan tulang dan menjaga fungsi saraf serta otot. Ada berbagai sumber makanan yang kaya kalsium seperti susu, keju, edamame, sayuran hijau, yoghurt, dan lain-lain.

Jangan lupa memberikan sayur dan buah yang kaya antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Selain itu, sayur dan buah mengandung vitamin A, C, E, dan flavonoid tinggi.

5. Air putih

Meskipun anak gemar minum susu yang kaya kalsium, orangtua tetap harus memastikan anak mengkonsumsi air putih yang cukup. Air putih menopang sendi kehidupan setiap manusia baik anak-anak hingga lansia.

Dengan konsumsi air putih yang cukup, anak-anak bisa terhindar dari risiko dehidrasi dan kelelahan. Tubuh yang dehidrasi lebih rentan mengalami risiko penurunan sistem kekebalan tubuh, lho! Sistem imun yang menurun bisa mudah terkena risiko penyakit lebih banyak.

Tips menjaga kesehatan si kecil dengan memberikan asupan nutrisi yang lengkap wajib diperhatikan orangtua. Tetap patuhi protokol kesehatan selama masa pandemi yang tidak diketahui kapan bakal berakhir. Sistem imun tubuh yang kuat bisa mendukung proses penyembuhan dan pemulihan dari penularan penyakit yang sudah melanda seluruh dunia. Yuk, jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan maksimal!

Bila terjadi masalah kesehatan yang ringan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terpercaya di SehatQ.com, ya! Dokter akan memberikan arahan untuk penyakit yang Anda dan keluarga alami selama masa pandemi. Jika perlu melakukan kunjungan atau pemeriksaan di rumah sakit, Anda bisa melakukan booking jadwal di rumah sakit atau klinik rujukan terbaik. Lebih mudah dan fleksibel, bukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *