3 Cara Mencegah Bayi Cegukan Terus-Menerus

  • Whatsapp
3-cara-mencegah-bayi-cegukan-terus-menerus
Foto: Canva.com pro

Bayi yang mengalami cegukan secara terus-menerus tentu saja mengkhawatirkan. Anda akan bertanya-tanya mengenai penyebab bayi cegukan tersebut sehingga bisa mengatasinya dengan tepat. Akan tetapi, agar cegukan tidak datang lagi, Anda sebaiknya mengetahui cara untuk mencegah cegukan pada bayi.

Pencegahan Cegukan pada Bayi

Tidak sedikit orangtua yang cemas jika buah hati mengalami cegukan. Sehingga tak sedikit orangtua yang melakukan langkah pencegahan cegukan pada bayi agar nantinya si kecil tak lagi mengalami cegukan. Apakah Anda penasaran apa saja tindakan yang bisa dilakukan untuk menghindari cegukan pada bayi? Berikut rangkumannya untuk Anda.

Read More

1. Menggendong Bayi dengan Posisi yang Tepat

Bayi rentan mengalami kondisi menelan udara terlalu banyak. Kondisi ini sering terjadi saat Anda sedang menyusuinya. Bayi juga bisa menghirup udara terlalu banyak saat minum susu dari botol. Bayi yang menelan udara terlalu banyak akan mengalami cegukan secara terus-menerus.

Untuk menghindari cegukan pada bayi, Anda bisa menggendongnya dengan posisi yang benar. Menggendong bayi dengan cara tepat yaitu menggunakan posisi tegak. Ada baiknya untuk menggendong bayi dalam posisi tegak setelah menyusui. Dengan begitu, udara pada tubuh bayi bisa dikendalikan keluar masuknya secara teratur.

2. Posisikan Bayi dengan Benar Saat Menyusu

Saat menyusu, bayi akan memiliki resiko tinggi menelan banyak udara. Akibat dari terlalu banyak udara yang terhirup bayi, maka terjadilah cegukan. Karena udara yang banyak ini akan membuat otot diafragma dan perut berkontraksi. Selanjutnya, kondisi ini menjadi satu dari sekian penyebab bayi cegukan.

Untuk mencegah kondisi tidak menyenangkan ini, Anda bisa memposisikan bayi dengan benar agar ia tidak menghirup terlalu banyak udara. Anda perlu meletakkan bibir bayi tepat di bagian areola. Sehingga, udara tidak akan sempat masuk ke dalam tubuh bayi.

3. Beri Asupan Makanan Secukupnya

Bayi memiliki sistem pencernaan yang masih belum sempurna secara fungsi. Sehingga, Anda harus pelan-pelan membiasakan fungsi setiap organnya, terutama sistem pencernaan. Untuk itu, Anda perlu memberi makanan yang cukup untuk bayi. Dengan memberikan makanan dengan porsi tepat, maka dapat menghindarkan bayi dari cegukan.

Anda disarankan memberikan porsi makanan dengan jumlah yang tidak terlalu sedikit maupun kebanyakan. Asupan makanan yang berlebihan akan membuat perut bayi begah. Tak hanya itu, kondisi perut bayi yang begah bisa menimbulkan cegukan karena otot-ototnya berkontraksi.

Demikian, tips kesehatan yang bisa Anda terapkan untuk mencegah bayi mengalami cegukan. Tentu saja pencegahan bisa dilakukan jika penyebab bayi cegukan sudah diketahui. Dengan mengikuti langkah pencegahan di atas, bayi Anda bisa terbebas dari serangan cegukan.

Semoga ulasan di atas bisa membantu, ya.

 

  • https://www.alodokter.com/jangan-khawatir-saat-bayi-cegukan-ini-cara-mengatasinya
  • https://id.theasianparent.com/ini-penyebab-bayi-sering-cegukan-dan-cara-mencegahnya/
  • https://www.johnsonsbaby.co.id/penyebab-dan-mengatasi-bayi-cegukan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *