Ketahui 7 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Setelah Sunat Bersama SehatQ

  • Whatsapp

Tindakan sunat merupakan kewajiban bagi kaum Adam yang memiliki prosedur pelaksanaan tersendiri. Prosedur dilakukan oleh dokter atau ahli yang menjamin proses pelaksanaan berjalan lancar. Setelah proses sunat, menurut SehatQ penis bisa mengalami memar, merah atau bengkak merupakan hal yang lumrah. Perawatan yang baik dan benar akan membantu proses penyembuhan lebih cepat, misalnya bayi butuh waktu 10 hari saja dan anak-anak hingga dewasa butuh waktu penyembuhan sekitar sebulan.

Read More

Langkah melakukan perawatan pasca sunat

Tindakan medis seperti sunat dilakukan untuk meminimalisir risiko penyakit seksual, penyakit penis, menjaga kebersihan dan kesehatan penis, serta menambah nikmat bercinta setelah aktif secara seksual. Guna mendapatkan manfaat tersebut, pastikan Anda melakukan perawatan yang benar berikut :

1. Menggunakan celana longgar atau sarung

Umum memilih sarung sebagai pelindung dari gesekan penis setelah melakukan proses sunat. Jika anak perlu beraktivitas beberapa hari setelah sunat, usahakan memilih celana kain yang berasal dari katun dengan ukuran lebih longgar.

2. Konsumsi obat pereda nyeri

Setelah menjalani tindakan medis, dokter akan memberikan resep obat kepada anak untuk mengurangi rasa nyeri. Selain ibuprofen, dokter bisa saja memberikan obat antibiotik guna mencegah risiko infeksi pada penis.

3. Rutin melakukan kontrol

Agar bisa sembuh lebih cepat, baik anak-anak atau orang dewasa yang melakukan sunat harus melakukan kontrol secara rutin. Pemeriksaan dan perawatan bekas luka akan dilakukan guna mencegah infeksi dan orang yang baru saja melakukan prosedur ini diperbolehkan mandi, tetapi tidak boleh berendam.

4. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat

Setelah menjalani prosedur operasi, anak atau orang dewasa tidak boleh melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga, latihan beban, banyak gerak dan bermain.

5. Jangan menggunakan krim antiseptik

Sebaiknya pilih rekomendasi penyembuhan dengan mengkonsumsi obat antiseptik untuk mencegah infeksi daripada mengoleskan krim tanpa resep dokter.

6. Minum lebih banyak air putih dan makanan bergizi

Air putih bisa mengurangi keasaman urin sehingga anak yang menjalani masa penyembuhan tidak merasakan perih saat buang air kecil. Selain itu, penting sekali untuk memberikan makanan yang mengandung gizi agar luka bisa segera sembuh.

Setelah menjalani prosedur operasi, anak atau orang dewasa wajib konsumsi makanan yang kaya protein seperti daging ayam, telur, ikan, susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan lain-lain.

7. Tidak melakukan hubungan seksual lebih dulu

Jika anak-anak yang menjalani prosedur operasi sunat, maka proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat asal membatasi gerak yang berlebihan. Pada orang dewasa yang melakukan prosedur operasi setelah memasuki masa aktif seksual, maka hindari melakukan hubungan intim setidaknya sebulan agar luka bisa lebih cepat sembuh.

Sunat tetap memiliki risiko pada orang-orang yang melakukan prosedur operasi di tempat yang kurang terpercaya seperti pendarahan, infeksi, gangguan saluran kemih, keluar nanah atau cairan berbau dari ujung penis, pembengkakan penis lebih dari dua minggu, dan lain-lain. Bila mengalami masalah kesehatan tersebut, Anda harus segera menjalani perawatan lebih intensif di rumah sakit terdekat.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan prosedur operasi sunat di tempat yang kredibel sesuai rekomendasi SehatQ.com, ya! SehatQ akan memberikan informasi mengenai prosedur pelaksanaan operasi yang lebih aman dan minim risiko kesehatan pada anak-anak dan dewasa. Pasalnya, prosedur operasi pada orang dewasa bisa lebih rumit dan masa penyembuhan lebih lama. Yuk, segera konsultasi dan pilih klinik rekanan SehatQ untuk melaksanakan tindakan operasi terbaik yang kredibel sekarang juga!

Sumber

https://www.alodokter.com/metode-dan-manfaat-sunat

https://www.suara.com/health/2020/06/17/184500/pantang-makan-daging-setelah-sunat-mitos-atau-fakta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *