Inilah 7 Pantangan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

  • Whatsapp

Ketika Anda hamil akan banyak hal yang harus dibiasakan. Setiap pagi Anda akan merasakan morning sickness seperti mual dan muntah. Meski tidak semua wanita hamil mengalami hal ini, tapi Anda juga harus menyiapkan diri terhadap banyaknya pantangan ibu hamil yang harus dihindari.

Read More

Selama masa kehamilan, Anda dituntut agar lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan maupun minuman dan selalu menerapkan hidup sehat demi kesehatan diri sendiri dan janin. Tak hanya itu, Anda harus melakukan kebiasaan yang tak membahayakan janin dalam kandungan.

Pantangan yang Harus Bumil Hindari

Beberapa pantangan yang harus dihindari bumil memang terdengar awam, sehingga ini menjadi pengetahuan baru untuk Anda. Berikut beberapa pantangan yang harus diketahui serta diwaspadai sejak trimester pertama kehamilan.

1. Menjadi Perokok Aktif Maupun Pasif

Rahasia umum kalau merokok saat hamil bisa menyebabkan prematur dan meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan bayi seperti IUGR, infeksi janin hingga masalah tumbuh kembangnya.

Asap rokok yang terhirup ibu hamil juga menyebabkan komplikasi kehamilan. Sehingga Anda harus mengetahui pantangan ini dan juga mengingatkan suami yang merokok agar tidak melakukannya di sekitar Anda. Karena menjadi perokok pasif juga berisiko hal yang sama.

2. Minum Alkohol

Mengonsumsi minuman dengan kandungan alkohol berdampak sindrom alkohol janin (fetal alcohol syndrome) yaitu menyebabkan berat badan bayi rendah, tumbuh kembang terhambat, dan mengalami gangguan perilaku. Selain itu jika dikonsumsi saat usia kehamilan trimester pertama bisa meningkatkan bayi lahir cacat.

3. Mengonsumsi makanan mentah

Makan lalapan atau sayuran mentah dengan sambal memang sangat nikmat. Namun, jika Anda saat ini sedang hamil, sebaik menghindari makan makanan yang mentah. Bakteri seperti Listeria, Salmonella, dan toxoplasmosis penyebab keracunan juga ada di dalam makanan mentah. Makanan yang tidak dimasak juga menyebabkan keguguran hingga cacat pada bayi yang dilahirkan.

4. Mengonsumsi susu belum dipasteurisasi

Susu yang belum dipasteurisasi sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika Anda mengonsumsinya, maka berisiko susu tersebut mengandung bakteri yang bisa menyebabkan keguguran hingga mengancam nyawa janin dan ibu hamil. Sehingga pastikan membaca dulu kemasan susu tersebut jenis yang mana.

5. Berendam air panas lama

Saat malam hari memang sangat nyaman jika berendam air panas. Ternyata berendam air panas terlalu lama termasuk pantangan ibu hamil yang harus dihindari. Aktivitas ini akan menyebabkan overheating atau suhu yang terlalu tinggi, pingsan, dan dehidrasi. Jika Anda ingin berendam sebaiknya mengatur suhu air agar menjadi hangat dan tidak lebih dari 32 derajat celcius.

6. Kurang tidur

Susah tidur sering dialami oleh sebagian besar ibu hamil, terlebih ketika usia kehamilan di trimester ketiga. Ibu hamil harus cukup tidur agar tidak berisiko diabetes gestasional, postpartum depression, dan terkena hipertensi. Anda bisa olahraga secara teratur dan membuat jadwal tidur yang sama setiap hari.

7. Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih berisiko menderita banyak penyakit. Tak hanya berlaku pada orang biasa tapi juga bagi ibu hamil. Kelebihan berat badan bisa menyebabkan Anda diabetes gestasional, darah tinggi, hingga obesitas pada anak. Sehingga asupan kalori yang dikonsumsi pun harus dikontrol.

Saat kandungan masih di trimester awal, sebaiknya hanya menambahkan 100 kalori ke dalam porsi makan sebelum hamil. Sedangkan ketika trimester tiga Anda bisa menambah hingga 300-500 kalori ke dalam porsi makan per hari.

Banyak pantangan ibu hamil yang harus dihindari selama masa kehamilan. Namun, Anda tak perlu tegang, membiasakan diri perlahan akan membantu untuk tidak melakukan hal-hal di atas. Anda juga disarankan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Selain itu, cukupi kebutuhan nutrisi dengan minum susu Ibu Hamil juga, ya.

 

Sumber:

https://www.ibupedia.com/artikel/kehamilan/24-pantangan-ibu-hamil-yang-harus-dihindari

https://www.alodokter.com/perhatikan-apa-saja-pantangan-ibu-hamil-di-sini

https://www.orami.co.id/magazine/pantangan-ibu-hamil-menurut-islam/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *