4 Sumber Nutrisi untuk Memulihkan Tulang Selepas Operasi Ortopedi

4-sumber-nutrisi-untuk-memulihkan-tulang-selepas-operasi-ortopedi

Patah tulang merupakan kondisi serius yang perlu segera mendapatkan penanangan. Melakukan operasi dengan dokter bedah ortopedi terbaik di Jakarta untuk memperbaiki patah tulang merupakan salah solusi efektif yang membantu Anda kembali beraktivitas. Namun, Anda tetap harus mengikuti serangkaian proses untuk memastikan hasil operasi tak menimbulkan komplikasi. Misalnya saja fisioterapi yang membantu kaki bergerak dan berfungsi seperti sedia kala.

Read More

Selain itu, Anda perlu memastikan asupan makanan yang dikonsumsi dapat membantu tahap pemulihan. Di bawah ini ada sumber nutrisi dan gizi yang paling direkomendasikan:

Protein

Cukup mudah menemukan sumber protein. Daging ayam atau sapi, kacang-kacangan, telur, serta ikan merupakan jenis makanan yang dinilai membantu pembentukan tulang. Pasalnya, seperti yang disitat dari Orthogate, sekitar 55% total volume pada tulang manusia adalah protein.

Menambahkan sumber protein selepas operasi ortopedi pun dinilai dapat mengurangi risiko seperti pengeroposan tulang dan infeksi. Setidaknya diperlukan sekitar 1-1,2 gram protein per kilogram per hari untuk memperlancar penyembuhan.

Kalsium

Makanan tinggi kalsium adalah sumber utama yang selalu diincar untuk menguatkan struktur dan menyehatkan tulang. Susu dan produk olahannya seperti keju serta yoghurt adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan supaya sistem gerak Anda segera pulih selepas operasi.

Bagaimana kalau Anda alergi dengan susu dari hewan? Susu kedelai atau almond adalah produk alternatif yang dapat diandalkan. Dibutuhkan sekitar 600-1.000 miligram kalsium per hari yang akan membant Anda terhindar dari fraktur yang kerap terjadi akibat patah tulang.

Vitamin

Vitamin C dan vitamin D adalah salah dua vitamin yang disarankan untuk mempercepat proses penyembuhan patah tulang. Untuk vitamin C, sumbernya dapat Anda peroleh dari buah-buahan seperti kiwi, stroberi, dan jeruk yang kaya akan antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Sementara untuk vitamin D, ikan laut seperti sarden, salmon, dan tuna adalah sumber yang layak Anda konsumsi untuk tahap pemulihan. Berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi pun bisa Anda lakukan untuk memperoleh asupan vitamin D secara alami.

Zat besi

Satu lagi ada zat besi yang juga bermanfaat buat penderita patah tulang. Beberapa sumber yang dapat Anda konsumsi adalah bayam, brokoli, dan aneka sayuran hijau lainnya. Makanan-makanan ini pun kaya akan kalsium untuk memperkuat tulang.

Menurut American Bone Health, zat besi termasuk faktor pendamping yang mengoptimalkan fungsi enzim dalam sintetis kolagen yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang. Jika zat besi kurang, maka kekuatan tulang juga ikut turun dan membuat pemulihan berlangsung lebih lama.

Sebelum menyantap makanan-makanan yang disebutkan di atas, Anda diskusikan dulu bersama dokter bedah ortopedi Anda atau ahli gizi terpercaya. Dengan begitu, kesehatan tulang terjaga dan Anda bisa kembali beraktivitas selepas masa operasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.