4 Tanda Gagal Jantung yang Harus Diketahui agar Tak Merenggut Nyawa

Gangguan fungsi jantung atau gagal jantung menjadi kondisi yang harus diwaspadai oleh siapa saja. Hal ini bisa terjadi tiba-tiba dan menyerang siapapun tanpa pandang bulu. Jika tak mendapatkan pertolongan yang tepat dan cepat, maka penderita gagal jantung bisa meninggal dunia. Kali ini akan dibahas apa saja tanda gagal jantung yang harus diketahui.

Read More

Gejala Gagal Jantung

Setiap jenis gangguan kesehatan dalam tubuh pasti menimbulkan gejala tertentu. Begitu juga dengan gagal jantung yang menjadi salah satu kondisi fatal bagi tubuh. Ada beberapa tanda yang sebaiknya diwaspadai sehingga Anda dapat segera memberikan pertolongan pertama tepat waktu. Berikut adalah 4 tanda gagal jantung yang penting untuk diketahui:

1. Kelelahan

Salah satu tanda gagal jantung yang paling umum terjadi namun juga sering diabaikan adalah kelelahan. Kelelahan atau fatigue ini bisa muncul kapan saja dan terasa begitu berat. Orang yang mengalami gagal jantung bisa menunjukkan tanda ini karena jantung tidak menjalankan fungsinya dengan baik untuk memompa cukup darah kaya oksigen sebagai sumber energi.

Kondisi tersebut kemudian menyebabkan tubuh tidak bisa menerima cukup energi untuk beraktivitas. Penderita akan merasakan kelelahan yang begitu berat sampai-sampai sulit untuk beraktivitas. Biasanya penderita juga akan ngos-ngosan setelah beraktivitas ringan. Selain itu, penderita biasanya akan mudah berkeringat walaupun tak melakukan aktivitas berat.

2. Sesak Napas

Sehubungan dengan kondisi ngos-ngosan tadi, orang yang mengalami gagal jantung memang cenderung akan mengalami sesak napas. Jantung tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik sehingga distribusi oksigen ke seluruh tubuh juga tak dapat berjalan sempurna. Akibatnya tubuh kekurangan oksigen dan membuat napas ngos-ngosan.

Kondisi sulit bernapas ini juga terjadi akibat adanya congestion. Congestion merupakan penumpukan cairan yang ada di dalam organ paru-paru. Sesak napas ini bisa saja berubah jadi lebih buruk seiring dengan berjalannya waktu apabila kondisi tersebut tidak diatasi. Pada sebagian orang, kondisi inilah yang kemudian berkembang parah dan menyebabkan kematian.

3. Edema

Salah satu tanda gagal jantung yang harus diketahui adalah edema. Edema atau pembengkakan ini biasanya akan terjadi pada area kaki dan perut. Penyebabnya, darah yang dipompa jantung tidak cukup kuat sehingga tidak tersebar secara merata ke seluruh bagian tubuh. Selain itu edema juga bisa dipicu oleh adanya penumpukan cairan secara berlebihan di area tersebut.

Pembengkakan ini menjadi salah satu tanda yang sering sekali diabaikan. Orang biasanya menganggap kondisi edema tersebut sebagai hal yang biasa. Padahal ini merupakan salah satu tanda yang cukup jelas dan harus diwaspadai. Segera minta pertolongan dokter apabila edema ini muncul di area kaki atau bagian tubuh lainnya.

4. Aktivitas Terbatas

Orang yang mengalami gagal jantung akan merasakan aktivitasnya jadi lebih terbatas. Mereka sulit untuk bergerak seperti biasa. Aktivitas yang dijalankan juga jadi terbatas tak selayaknya orang normal. Kondisi ini terjadi karena penderita gagal jantung merasa lemas dan tidak menerima cukup pasokan oksigen di dalam tubuhnya.

Bagi orang yang produktif, tanda seperti ini pasti akan sangat mudah dirasakan. Jika biasanya tubuh kuat melakukan aktivitas berat namun akhirnya merasa kewalahan, maka berhentilah sejenak. Pahami perubahan dalam tubuh Anda dan segera konsultasikan dengan dokter.

Itulah 4 tanda gagal jantung yang harus diketahui dan diwaspadai. Anda sebaiknya benar-benar memperhatikan perubahan pada tubuh agar bisa langsung mengambil tindakan tepat waktu. Pastikan untuk segera mendapat pertolongan dokter agar kondisi ini bisa diatasi secara optimal.

Sumber:

https://www.halodoc.com/kesehatan/gagal-jantung

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211104091626-255-716422/5-tanda-dan-gejala-awal-gagal-jantung-yang-sering-diabaikan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.