5 Jenis Makanan yang Membuat Siklus Haid Datang Lebih Cepat

Banyak wanita yang mengalami masalah pada siklus haid mereka. Tak sedikit yang harus mengalami siklus haid tidak lancar, seperti telat menstruasi atau tidak mendapatkan menstruasi di tanggal yang konsisten. Sebenarnya ada cara cepat haid yang bisa diterapkan sehingga siklus menstruasi ini datang lebih cepat, khususnya bagi kaum perempuan yang sering terlambat datang bulan.

Read More

Makanan agar Cepat Haid

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi jenis makanan tertentu. Pola makan memang sangat berpengaruh pada kelancaran siklus menstruasi. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi sehingga siklus haid datang lebih cepat dan berjalan lebih lancar. Berikut adalah beberapa pilihan bahan makanan tersebut:

1. Jahe

Pertama ada jahe yang ternyata sangat efektif membantu haid tetap lancar dan datang lebih cepat. Jahe ini sebenarnya bukan jenis bahan makanan yang aneh karena sudah sering digunakan sebagai salah satu bahan rempah bagi masyarakat di Indonesia. Jahe mengandung senyawa yang bisa mencegah inflamasi dan di dalamnya terdapat zat yang bisa memicu kontraksi otot rahim.

Saat mengonsumsi jahe, maka otot rahim akan berkontraksi dan mempercepat proses pelepasan lapisan dinding rahim. Tak hanya bisa mempercepat datangnya haid, jahe ternyata juga efektif meredakan nyeri yang muncul ketika Anda mengalami menstruasi. Jadi sangat efektif membantu tubuh Anda tetap nyaman saat haid tiba.

2. Kunyit

Bahan rempah lainnya yang juga efektif untuk mempercepat siklus haid adalah kunyit. Kunyit ini merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat populer di Indonesia. Kunyit bisa membantu merangsang aliran darah di area panggul dan rahim sehingga haid bisa datang dengan lancar. Sangat direkomendasikan bagi kaum wanita yang sering terlambat datang bulan.

Kunyit juga akan memengaruhi tingkat estrogen dan progesteron. Kedua jenis hormon ini akan merangsang munculnya menstruasi lebih cepat dan lancar. Hanya saja cara cepat haid dengan konsumsi kunyit ini belum tentu bekerja untuk setiap tubuh wanita. Selain itu khasiat kunyit untuk memperlancar siklus menstruasi ini juga masih butuh penelitian lebih lanjut.

3. Kacang Kedelai

Anda juga sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi kacang kedelai ketika haid tidak lancar dan lebih sering datang terlambat. Kacang kedelai diketahui mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral. Selain itu di dalamnya juga terdapat kandungan isoflavon yang akan memengaruhi kadar hormon estrogen di dalam tubuh.

4. Makanan Kaya Vitamin C

Bagi Anda yang punya masalah sering telat haid, sangat disarankan mengonsumsi aneka jenis makanan yang kaya akan vitamin C. Jenis vitamin yang satu ini memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah berperan sebagai sumber antioksidan. Selain itu vitamin C juga mengandung asam askorbat yang bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dan merangsang kontraksi rahim.

5. Nanas

Anda juga bisa mengonsumsi nanas sebagai upaya untuk mempercepat datangnya siklus haid. Nanas ini diketahui mengandung bromelain yang bisa memengaruhi kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Selain itu zat ini juga diketahui bisa memperlancar menstruasi. Namun pastikan untuk mengonsumsi nanas dalam kadar yang normal sehingga tidak mengganggu keseimbangan dalam tubuh Anda.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya agar nutrisi dalam tubuh terpenuhi secara lengkap. Selain itu, lakukan olahraga rutin dan hindari stres agar menstruasi berjalan lancar. Konsultasikan pada dokter apabila siklus menstruasi Anda sangat kacau dan menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Sumber:

https://hellosehat.com/wanita/menstruasi/makanan-agar-cepat-haid/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.